Thursday, February 19, 2009

Mencari sebuah arti hidup - a meaning of life

Mencari arti kehidupan itu memang penting, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana membuat hidup ini lebih berarti. Sebenarnya kita semua menjalani hidup ini dengan awal yang sama dan juga akan berakhir dengan akhir yang sama, yaitu mengawali dengan tangis dan mengakhiri dengan kematian yang ditangisi pula, itulah kehidupan....

ada petuah mengatakan "experience is the best teacher"
Memang benar pengalaman itu adalah guru yang terbaik bagi kita. Pengalaman mengajarkan kita banyak hal tentang hidup yang sesungguhnya tentang cinta, kebencian, ataupun airmata. Mungkin kita tak akan pernah tau bagaimana rasanya kehilangan seseorang yang kita cintai kalau kita belum pernah mengalaminya, dan Mungkin kita juga tak akan pernah tau bagaimana rasanya dilecehkan, dikhianati, disakiti, ataupun dimusuhi orang kalau kita belum pernah merasakannya. Karna hidup bukan hanya canda, tawa tapi juga ada airmata.

Dan makna hidup yang sebenarnya adalah ketika kita dapat mengambil setiap peristiwa hidup sebagai hikmah bagi kita. Sebagai cambuk untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Karena ternyata kebahagiaan yang hakiki itu bukanlah ketika kita bisa hidup mewah bergelimang harta tapi yang lebih hakiki adalah bagaimana ketika bisa berguna bagi orang lain.

Hidup memang penuh misteri, tetapi di dalam misteri itu tersimpan mutiara hikmah yang tiada terperi. Sungguh sulit menjadi manusia yang bebas, menjadi manusia yang mengikuti apa yang di cari hatinya sebagaimana yang dikatakan Paulo Coelho “Follow your Personal Legend!”. Jika manusia bisa benar-benar mendengar suara hati kemudian berusaha untuk mewujudkannya, manusia-manusia seperti inilah yang akan memperkaya kehidupan dunia. Teringat perkataan seorang guru, “Kenali dirimu, karena di dalam dirimu bersemayam Pembimbing Agung”

Semoga Sang Pembimbing Yang Agung selalu membimbing kita dengan Kebijaksanaan-Nya. Amin....

.
.

0 comments:

Post a Comment

Please leave your message here..