Tuesday, May 26, 2009

Sharing File dan Koneksi Internet Menggunakan Wireless LAN

Awalnya ngumpul-ngumpul ma temen-temen khususnya tim bolang...^_^ Sipo, Sulung, Ifan, Erwan, and pastinya saye sendiri lah....
Nah pas malem itukan pada pengen internetan... Tpi Modem cuman ada satu sedangkan Laptop Lebih dari satu pastinya... Terus bingung nih mau koneksi internet pake apaan, mau di LAN tpi gak bawa kabel LAN, akhirnya saya pikir-pikir sharing pake wireless kan bisa. yaudah langsung saya coba dech lakuin tuh koneksi pake wireless....

Nah begitu berhasil, temen-temen pada nanyain... gemana caranya tadi??? daripada saya jelasin satu-satukan capek juga tuh... mending kalo misalkan langsung ngerti, nah kalo kagak.... bisa berabe kan.... Akhirnya saya tulis aja disini biar semua pada bisa baca and kalau misalkan masih pada bingung, baru dah konsultasi ke saya. Emang sih sebelumnya saya sudah membahas tentang sharing internet juga disini, namun koneksinya menggunakan Kabel LAN.

Tpi mohon maaf dulu sebelumnya jika kata-kata saya sulit untuk dimengerti. Jujur, karena saya tidak terlalu pandai untuk menyusun kata. Dan langsung saja sebagai contoh disini saya menggunakan Access Point indosatM2 sebagai koneksi internet saya, dan saya akan membagi Access internet saya ke beberapa teman saya Menggunakan Wireless LAN.

Langkah-langkahnya :

  1. Siapkan secangkir kopi dan nyalakan sebatang rokok. Hehe…(Gak wajib)


  2. Pastikan access point anda telah terkoneksi dengan internet.


  3. Pilih Start- ControlPanel-Network and Internet Conections - Network Conections - Wireless Network Connection.Lalu klik pada Change the order of preferred networks. Lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.



  4. Pilih Tab Pada Wireless Network lalu klik Add pada Preferred networks.Untuk lebih jelasnya bias dilihat pada gambar dibawah.



  5. Masukkan Network name (SSID) sesuai dengan keinginan anda. Sebagai contoh disini saya menuliskan Network name dengan nama “muadz”. Lalu hilangkan tanda checklist atau centang pada The key is provided for me automatically. Agar koneksi kita terpassword dalam artian tidak semua orang bias terkoneksi jika tidak mengetahui Network key nya atau anggap ajalah password. Hehe… Lalu masukkan Network key sebanyak 13digit lalu OK. Untuk lebih jelasnya bias dilihat pada gambar.



  6. Nah disini Preferred networks yang kita buat tadi sudah muncul. Lalu klik Ok lagi. Lebih jelasnya seperti pada gambar dibawah.



  7. Buka Wireless Network Connection anda klik Refresh network list maka Preferred networks yang kita buat tadi akan tampil pada wireless network list. Namun disini tentunya wireless belum terkoneksi dengan wireless lain. Untuk lebih jelasnya bias lihat pada gambar dibawah.



  8. Untuk mengkoneksikan wireless anda dengan yg lain klik 2 kali pada wireless network. Maka wireless akan melakukan pencarian dengan nertwork lain. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah.



  9. Lakukan setting pada computer client yaitu dengan cara buka Wireless Network connection lalu pilih refresh network list. Dan tunggu beberapa saat Maka akan muncul Network name (SSID) yang telah dibuat sebelumnya pada computer server. Dan klik dua kali untuk mengkoneksikan maka anda akan diminta memasukkan Network key atau password yang telah dibuat dalam computer server sebelumnya sebanyak 13digit. Lalu pilih Connect. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah.



  10. Jika Network key yang anda masukkan benar tunggu beberapa saat Maka Wireless network statusnyapun akan berubah menjadi connected. Lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar.



  11. Nah dari langkah-langkah diatas anda sudah dapat melakukan sharing file namun anda belum dapat melakukan sharing internet. Agar anda dapat melakukan sharing internet maka ada beberapa tahapan lagi yang perlu anda lakukan. Yaitu dengan cara klik Start- ControlPanel-Network and Internet Conections - Network Conections pilih Network dari modem anda yang terkoneksi internet lalu klik kanan dan pilih properties. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah.


  12. Pilih Tab Pada Advanced lalu centang pada Allow other network users to conect through this computer's internet conections. dan pilih Wireless Network Conection pada Home networking conection dan klik Ok. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah.

  13. Sharing internet sudah siap untuk digunakan.
    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....^_^

Thx..


Klik Disini untuk Download File PDF.



.

6 comments:

Nugraha said...

Wah, nambah ilmu baru nih.Trim's sudah main ke blog saya :)

Muadz Susilo said...

To Nugraha : Terimakasih kembali mass, Senang berkunjung ke blog anda.:)

Ardian Eko said...

ditempat gw ga mau keluar tulisan wirelessnya di gambar paling akhir.. jadi ga bisa tuh

Muadz Susilo said...

@Ardian: Coba diulang bos...
dengan cara hilangkan dulu tanda centang pada langkah No12, lalu pilih Ok.. dan setelah itu baru lakukan lagi seperti langkah No12, pastikan anda jangan klik Ok sebelum memilih wireles koneksinya.

Jika memang langkah diatas, belum berhasil.. kemungkinan wireless WiFi anda belum terinstall...
Thx...

Anonymous said...

pake samain ip address g????

buat transfer file....

Muadz Susilo said...

g perllu, ip address diset otomatis aja...

Post a Comment

Please leave your message here..